Tambal Ban Tip Top Lebih Bagus dan Aman, Begini Penjelasannya Sob

Diposting pada

Di Indonesia ada dua metode untuk memperbaiki ban yaitu dengan menusuk menggunakan cacing karet dan perbaikan ban dari dalam.

“Tambalan dari dalam” atau lebih dikenal dengan “Tambalan Tip Top” dipandang lebih aman dari kerusakan ban mobil dan lebih tahan lama.

Lantas, apa sebenarnya yang membuat tambal ban tip-top lebih aman dari tambal tusuk?

“Tambal ban tip top menggunakan karet payung yang ditempel dari dalam, lebih sempurna untuk menutup lubang,” kata Rendy Cristian Darmawan, Kepala Mekanik Bengkel Radio Dalam Nawilis.

Menurut Rendy, bagian payung karet bisa menutup lubang di permukaan karet dalam ban secara vertikal, dibantu dengan tangkai karet yang menyatukan celah lubang di bawah ban secara horizontal.

Berbeda dengan tkabilitas dari menggunakan cacing karet yang ditekuk kemudian ditancap ke lubang untuk menutup lubang yang dianggap tidak rapi menutup celah secara sempurna.

“Cacing karet cenderung kurang lentur, tekanan udara dapat masih bisa keluar melalui celah-celah tekukan atau tepi lubang bocor,” kata Rendy.

Proses membersihkan dengan jarum udara juga bisa menjadi penyebab kerusakan ban mobil dan berpotensi melebarkan lubang kebocoran karena risiko anyaman kawat putus atau terkoyak ikut tertarik alat jarum dan gasket.

“Jika memperbaiki baik-baik lubang dengan ukuran yang tepat dengan tulang karet payung menggunakan bor, maka sifatnya hanya mengikis, maka struktur anyaman kawatnya tidak akan rusak,” kata Rendy.